Kamis, 27 Mei 2010

Ilmu pengetahuan dan sosiologi

Ilmu pengetahuan adalah seluruh usaha yang dilakukan manusia secara sadar untuk mencari tahu, menemukan dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam ruang lingkup manusia. Segi-segi ini dibatasi agar dihasilkan rumusan-rumusan yang pasti. Ilmu memberikan suatu informasi yang pasti dengan membatasi lingkup pandangannya.

Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang masyarakat. Masyarakat sendiri adalah sekelompok individu yang mempunyai hubungan dengan masyarakat lain, memiliki kepentingan bersama, dan memiliki budaya. Sosiologi mempelajari tentang masyarakat, perilaku yang ada pada masyarakat, dan perilaku social sesama manusia. Dan manusia apabila berkumpul menjadi kelompok, Kelompok tersebut mencakup keluarga, suku bangsa, negara, dan berbagai organisasi politik, ekonomi social.

Objek sosiologi adalah masyarakat, tetapi masyarakat yang dilihat dari hubungan antar manusia, dan proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat. Dalam arti lainnya masyarakat mempunyai arti manusia yang hidup bersama, tidak di batasi berapa perkumpulan manusia yang di sebut masyarakat, asal ada dua individu sudah bisa dinamakan masyarakat. Itulah objek dalam sosiologi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar