Kamis, 27 Mei 2010

Kelompok kelompok sosial

Kita menyadari bahwa manusia tidak bisa hidup sendiri karna manusia sudah kodratnya menjadi mahkluk sosial, jadi manusia dalam menjalani kehidupan harus dapat bersosialisasi dengan manusia lain. Manusia juga tidak lepas dari bermusyawarah karna manusia tidak dapat memutuskan semua dengan sendiri harus dengar pendapat orang lain. Dengan itu kita di wajibkan untuk hidup berkelompok agar kita dapat menjalin persatuan dan kesatuan.

Kelompok sosial juga banyak macamnya dalam sosiologi yaitu kelompok statitistik, kelompok kemasyarakatan, kelompok sosial, kelompok asosiasi.
1. Kelompok statistik, adalah kelompok bukan organisasi, tidak memiliki hubungan sosial dan kesadaran jenis di antaranya kelompok statistik juga tidak ada menjalin kerja samakelompok ini hanya sebagai data. Contoh: Kelompok penduduk usia 10-15 tahun di sebuah kecamatan.
2. Kelompok kemasyarakatan, yaitu sebuah kelompok yang hanya memiliki persamaan tetapi tidak mempunyai organisasi dan hubungan sosial di antara anggotanya.
3. Kelompok sosial, yaitu kelompok yang anggotanya hanya memiliki kesadaran jenis dan berhubungan satu dengan yang lainnya, tetapi tidak terikat dalam sebuah ikatan organisasi. Contoh: Kelompok pertemuan, teman lama, reuni.
4. Kelompok asosiasi, yaitu kelompok yang anggotanya mempunyai kesadaran jenis dan ada persamaan kepentingan pribadi maupun kepentingan bersama. Bisa di bilang kelompok asosiasi mempunyai persamaan nasib. Dalam asosiasi, para anggotanya melakukan hubungan sosial, kontak dan komunikasi, serta memiliki ikatan organisasi formal. Dan menghsilkan suatu kerjasama Contoh: Negara, sekolah, perguruan tinggi.
Kelompok sosial yang saya jelaskan di atas adalah kelompok sosial yang teratur ada pula kelompok sosial yang tidak teratur diantaranya adalah kerumunan (crowd) ini biasanya kita temukan di tempat tempat umum, sekelompok manusia yang sedang berkerumun dengan mempunyai kegiatan dan tujuan yang sama. Kerumunan tidak termasuk dalam kelompok sosial teratur karna bentuknya tidak terikat itu terjadi hanya dlam waktu tersebut setelah itu mereka akan berpisah, dan apabila terjadi lagi pasti dengan individu yang berbeda pula.
Masyarakat desa adalah masyarakat yang tinggal di desa, masyarakat ini bisa di sebut juga kelompok sosial karna memiliki persamaan nasib meskipun bukan organisasi tetapi mereka berkumpul pada suatu wilayah yang sama, masyarakat desa ini memiliki rasa sosial yang lebih tinggi di bandingkan masyarakat di kota. Mungkin karna nenek moyang dan kebudayaan yang sama.
Masyarakat kota masyarakat ini berada di wilayah kota, masyarakat ini cenderung lebih modern dari berprilaku maupun berpakaian dan berpola hidup. Karna masyarakat kota lebih cepat mendapat efek modernisasi di bandingkan masyarakat desa, tetapi di kota sangat susah kita mendapatkan masyarakat yang mau bersosialisasi di bandingkan didesa, mungkin karna di kota itu banyak pendatang dari berbagai daerah yang berbeda budaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar