Kamis, 27 Mei 2010

Proses sosiologi dan interaksi social

Interaksi sosial adalah cara berhubungan yang dapat dilihat apabila individu dengan individu, individu dengan kelompok dan kelompok dengan kelompok sosial saling bertemu dan menentukan cara serta bentu-bentuk hubungan tersebut atau apa yang akan terjadi apabila ada perubahan-perubahan yang menyebabkan hilangnya pola kehidupan yang telah ada. jadi proses sosial dapat kita diartikan sebagai pengaruh timbal balik antara berbagai segi kehidupan bersama, misalnya ada kelompok yang harus berhubungan dengan kelompok lain atau dengan seorang individu dalm hal apapun yang menghasilkan suatu kerjasama.

Proses sosial adalah cara-cara berhubungan yang dilihat apabila orang-perorangan dan kelompok-kelompok sosial saling bertemu dan menentukan sistem serta bentu-bentuk hubungan tersebut atau apa yang akan terjadi apabila ada perubahan-perubahan yang menyebabkan goyahnya pola-pola kehidupan yang terlah ada. Proses sosial dapat diartikan sebagai pengaruh timbale-balik antara pelbagai segi kehidupan bersama, misalnya pengaruh-mempengaruhi antara sosial dengan politik, politik dengan ekonomi, ekonomi dengan hokum

Interaksi sosial juga banyak bentuknya
1. kerja sama
kerja sama adalah suatu individu atau kelompok yang ingin menjalin suatu hubungan dengan individu atau kelompok lain dan menghasilkan sesuatu yang dapat menguntungkan bagi kedua belah pihak.
2. persaingan
persaingan adalah proses sosial yang dimana bersaing dalam mencari keuntungan dalam bidangnya masin masing. Di harapkan dalam persaingan ini individu atau kelompok dapat bersaing secara sehat, sebab dalam persaingan sering kali terjadi perpecahan.
3. perikaian
pertikaian adalah ketidak sepahaman sosial yang terjadi apabila seorang berbeda pendapat dengan yang lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar